Dalil Aqiqah

Dalil Aqiqah Arab, Dalil Aqiqah dan Qurban, Dalil Aqiqah Dalam Al Quran, Dalil Aqiqah dan Artinya, Dalil Aqiqah dan Qurban Beserta Artinya, Dalil Aqiqah Dengan Sapi, Dalil Aqiqah Hari Ke 7, Dalil Aqiqah Latin

Bagi setiap orang tua khususnya mereka yang beragama Islam pastinya tak akan asing lagi jika mendengar istilah aqiqah. Yaps, aqiqah adalah suatu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan seorang anak sholeh dan sholekah.

Bentuk rasa syukur tersebut dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak kambing yang ditujukan untuk ibadah aqiqah. Aqiqah sangatlah penting bagi kehidupan sang anak, terutama bayi yang baru lahir.

Sebab aqiqah dapat melindungi diri anak tersebut dari berbagai gangguan jin dan setan. Tak hanya itu aqiqah juga dapat menjaga anak agar tidak sering terkena penyakit. Jadi jika Ayah dan Bunda sudah mampu melaksanakan aqiqah untuk putra putrinya sebaiknya segera laksanakan.

Arti Dari Aqiqah Untuk Anak

Sudah dijelaskan sedikit diatas mengenai aqiqah untuk anak yaitu sebagai bentuk rasa syukur orang tua kepada Allah SWT karena sudah dikarunia seorang anak dikeluarganya. Pada umumnya aqiqah diartikan sebagai suatu ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi dengan cara melakukan penyembelihan hewan kambing.

Dengan melaksanakan aqiqah kita juga sama dengan menghidupka kembali sunnah Rasulullah SAW. Selain itu kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Aqiqah juga dapat diartikan sebagai media informasi atas kelahiran sang bayi.

Maksudnya ialah kita memberi kabar gembira kepada saudara, teman, ataupun tetangga atas kelahiran sang bayi. Ibadah aqiqah juga dapat mempererat tali persaudaraan kita kepada sesama umat muslim.

Sejarah Dari Aqiqah

Ibadah aqiqah merupakan tradisi umat islam sejak jaman dahulu. Dalam sejarah Islam dahulu Nabi Muhammad SAW sedang mengadakan acara aqiqah untuk kedua cucunya yaitu Hasan bin Ali Abi Thalib dan Husein bin Ali bin Abi Thalib dengan menyembelihkan kambing masing-masing 1 ekor.

Dan pada saat itulah ajaran aqiqah mulai diikuti dan diteruskan oleh para sahabatnya dan sampai pada masa sekarang ini. Waktu yang dianjurkan dalam aqiqah yaitu pada saat bayi berusia 7 hari, 14 hari ataupun 21 hari. Namun jika diwaktu tersebut orang tua belum bisa mengaqiqahi, maka aqiqah bisa diganti setelah anak tumbuh besa dan orang tua sudah mampu.

Apakah Syarat Hewan Aqiqah Harus Jantan?

Untuk hewan aqiqah syaratnya hampir sama dengan syarat hewan qurban, jika hewan qurban harus berjenis kelamin jantan. Namun untuk jenis kelamin hewan aqiqah bebas, dalam artian boleh menggunakan kambing jantan ataupun kambing betina.

Tetapi sekarang banyak orang tua yang lebih memilih aqiqah dengan kambing jantan walaupun harga kambing jantan lebih mahal dibanding dengan harga kambing betina. Namun dibalik mahalnya harga kambing jantan terdapat kelabihan tersendiri, yaitu kambing jantan banyak mengandung daging dibanding dengan kambing betina.

Dengan begitu, maka daging dari kambing jantan akan menghasilkan masakan yang lebih banyak. Jadi untuk pemilihan jenis kambing aqiqah bisa dipih sesuai selera ayah dan Bunda, bisa kambing betina ataupun kambing jantan.

Bagaimana Cara Melaksanakan Acara Aqiqah?

Dalam pelaksanaan acara aqiqah yang pertama yaitu siapkan masakan aqiqah terlebih dahulu untuk santapan para tamu undangan. Namun disini jika Ayah Bunda tak mau ribet menyiapkan masakan aqiqah, Kami dari Aqiqah Berkah siap membantu dalam pelaksanaan aqiqah Ayah dan Bunda dengan menyediakan berbagai menu masakan aqiqah yang enak dan lezat dan membuat para tamu undangan puas menikamtinya. Untuk info selanjutnya Ayah dan Bunda bisa menghubungi kami di nomor 0812-8593-4866.

Setelah disiapkan semuanya susun acara aqiqah mulai dari pembukaan acara sampai doa penutup acara. Didalam acara aqiqah tersebut nantinya akan ada prosesi pemotongan atau pencukuran rambut pada bayi dan selanjutnya rambut bayi dikumpulkan lalu ditimbang.

Setelah itu hasil dari timbangan rambut bayi tersebut akan disedekahkan. Selanjutnya setelah sampai pada saat doa penutupan, barulah hasil dari masakan aqiqah tadi dibagikan kepada para tamu undangan untuk disantapnya.

Dalil Aqiqah

Aqiqah merupakan perlindungan diri pada bayi dan anak dari gangguan para mahkluk halus seperti syetan dan jin. Anak yang sudah diaqiqah Insya Allah dirinya akan terlindung dan dijauhkan dari segala mara bahaya.

Banyak dalil yang membahas mengenai penting dari aqiqah, Salah satunya yaitu yang berbunyi: "Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya." (HR. Bukhari)

Di dalam hadist tersebut menceritakan bahwa dengan menyembelihkan kambing untuk anak, maka bayi yang baru lahir akan terlindungi dan selamat dari segala gangguan. Oleh sebab itu aqiqah sangat dianjurkan bagi setiap anak.

SebelumnyaBolehkah Menawar Harga Kambing Untuk Aqiqah?
SelanjutnyaDoa Aqiqah Anak Perempuan