Bolehkah Menawar Harga Kambing Untuk Aqiqah?

Bolehkah menawar harga kambing untuk aqiqah? Hukum menawar kambing aqiqah, Bolehkah menawar harga hewan qurban? Hukum menawar hewan kurban, Apakah kambing aqiqah tidak boleh ditawar?

Aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah yang harus dilaksanakan setiap umat Islam, terutama orang tua yang sudah mempunyai anak. Dengan melaksanakan aqiqah sama halnya kita menghidupkan sunnah Rasulullah SAW.

Banyak yang belum tau mengenai syarat dan cara melaksanakan aqiqah yang benar, nah dikesempatan kali ini kami akan memberi ulasan sedikit mengenai hal tersebut.

Sebelum melaksanakan aqiqah pastinya kita harus tau hewan jenis apa yang digunakan untuk aqiqah, dan jawabannya adalah hewan kambing. Yaps hewan kambing disini bisa menggunakan jenis kambing apapun termasuk kambing jawa ataupun kambing domba.

Kambing jantan ataupun kambing betina pun semua bebas kita pilih, asalkan kambing tersebut sehat dan sudah masuk dalam kriteria syarat sah aqiqah yang sesuai dengan ajaran Islam. Namun kebanyakan orang tua lebih memilih kambing jantan untuk aqiqah dibandingkan dengan kambing betina.

Hal tersebut dikarenakan kambing jantan lebih banyak memiliki daging dibandingkan dengan kambing betina. Jadi dengan kambing jantan maka kita akan lebih menghasilkan masakan yang banyak dan bisa dibagikan lebih banyak lagi kepada saudara, tetangga, maupun teman.

Dalam ibadah aqiqah juga terdapat syarat sah hewan untuk aqiqah, jadi kita tidak boleh asal pilih dalam pemilihan kambing aqiqah. Nah untuk mengetahuinya pun juga tak sulit, Ayah dan Bunda cukup memperhatikan seluruh tubuh hewan kambing yang mau dijadikan sebagai hewan aqiqah.

Pertama yaitu pilih kambing yang tidak terlalu kurus, dalam artian memiliki cukup daging dan harus sesuai umur. Umur dalam hewan aqiqah yaitu minimal 1 tahun untuk kambing jenis jawa dan minimal 6 bulan untuk kambing jenis domba.

Dan yang kedua yaitu cek pada bagian matanya, pilih mata kambing yang bersih dan jernih, maksudnya adalah kambing tidak mempunyai sakit mata ataupun buta mata. Karena hal tersebut tidak diperbolehkan untuk kambing aqiqah.

Yang ketiga yaitu pilih kambing yang jalannya seperti kambing normal pada umumnya, artinya ialah kambing tidak pincang ataupun cacat lainnya dan kaki kambing sehat.

Selanjutnya yaitu mengenai tawar menawar harga kambing untuk aqiqah, oke sebetulnya boleh-boleh saja kita menawar kambing untuk ibadah aqiqah. sebab dalam syarat aqiqah pun tidak disebutkan mengenai boleh tidaknya kita menawar harga kambing untuk aqiqah.

Pada saat kita membeli kambing untuk aqiqah sama hal nya seperti kita membeli kambing untuk yang lainnya, misalnya untuk dipelihara sendiri ataupun dijual kembali. Namun akan lebih baik jika membeli kambing untuk suatu ibadah maka kita menawarnya sewajarnya saja dalam artian sesuai dengan niat kita yang baik maka tawaran kita pun harus sesuai yang artinya tidak terlalu jauh dari harga aslinya, karena hal tersebut untuk ibadah.

Cukup dari sini kami menjelaskan mengenai ibadah aqiqah semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan tunggu artikel lainnya dari kami mengenai hal lainnya dan sampai jumpa.

Nah dari ringkasan diatas jika Ayah dan Bunda mau melaksanakan aqiqah dan tak mau pusing dan ribet untuk beli hewan kambing aqiqahnya dulu dan mau langsung jadi masakan siap saji ataupun siap santap, maka kami siap membantu Ayah dan Bunda.

Kami menyediakan masakan siap saji dan juga siap santap dengan berbagai menu pilihan seperti sate, gule, rendang, daging lapis, dendeng ragi, krengsengan dan juga kambing guling. Oiya kami juga melayani paket nasi kotak dan juga nasi kebuli untuk acara aqiqah ataupun acara lainnya.

Dijamin murah, mudah dan amanah, karena kami selalu menomor satukan kepuasan dan kenyaman pelanggan kami. Jadi tunggu apalagi segera pesan dan hubungi kami.

SebelumnyaAqiqah Sidoarjo
SelanjutnyaDalil Aqiqah